Minggu, 02 Agustus 2009

Menanti Hadirnya Wimax di Indonesia

Akses internet murah dan sangat mobile ini sudah dinantikan oleh banyak orang di Indonesia. Wimax sendiri adalah Broadband Wirelless Access(BWA) paling anayar dengan daya jangkau sangat besar dan memiliki kecepatan transfer yang cepat. Kecepatan Wimax sendiri diklaim mampu mencapai 70 Mbps sedangkan luas areal jangkauannya mencapai 50 km2. Dengan daya jangkau dan kecepatan seperti itu tidak heran banyak orang yang menanti teknologi ini.

Berbeda dengan adiknya IEEE 802.11 atau yang sering disebut Wi-Fi. Wi-Fi hanya memiliki daya jangkau puluhan hingga ratusan meter saja. Bisa mencapai ratusan kilometer bila dibantu dengan menggunakan alat penguat gelombang. Kecepatan transfer dari Wi-Fi hanya mencapai 1 Mbps saja.

Broadband dengan standard IEEE 802.16 ini sebentar lagi bisa dinikmati di Indonesia. FIRST Media yang memenangkan tender Wimax untuk kawasan Jabodetabek dan banten menyerukan teknologi ini diharapkan akan mulai jalan Kuartal 4 tahun ini. Biaya akses untuk berlangganannya pun relatif murah yaitu hanya 100 ribu rupiah saja. Dengan harga yang murah dan kecepatan akses yang sagat cepat semoga saja teknologi ini dapat memperbaiki citra kualitas akses internet di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar