Kamis, 25 Juni 2009

Tips Membaca Kode VGA NVidia


Nah setelah kemaren kita bahas tentang cara baca kode VGA ATI. Sekarang saatnya giliran NVidia yang bakal kita bongkar. Sebenernya ga gitu beda jauh sama ATI pada dasarnya angka depan dari NVidia juga menunjukan generasi dari teknologi yang digunakan. Disini gw bakal mulai dari generasi 6000, solanya buat generasi-generasi sebelumnya gw lupa gimana cara baca kode nya..^^


Cara baca kode tipe dari NVidia adalah sebagai berikut :
- Sama kaya ATI biasanya kode produk dari NVidia itu tersiri dari 4 digit angka. Namun untuk generasi terbaru yang menggunakan nama depan GTX hanya menggunakan 3 digit saja. Untuk GTX akan dibaha selanjutnya, sekarang kita akan bahas tentang yang menggunakan 4 digit angka.
- Untuk digit pertama sama dengan ATI yaitu menunjukan generasi teknologi yang digunakan oleh VGA tersebut. Misalnya generasi 6000 atau generasi 7000 dan lagi-lagi generasi ini menunjukan teknologi yang digunakan oleh VGA tersebut.
- Dilanjutkan dengan digit kedua dan lagi-lagi hampir sama dengan ATI yang menunjukan dari kelas VGA Nvidia tersebut. Biasanya digit kedua ini menggambarkan kelas dari tiap VGA Nvidia, biasanya digunakan angka 3,4,5,6,7 dan 8. Seperti ATI ini juga menggambarkan tingkatan kelas yang ada mulai dari low end sampai high end. Mulai dari 3 untuk low enda dan 8 untuk high end.
- Yang membedakan kode pada ATI dan Nvidia adalah huruf depan dari VGA ini menurut sepengetahuan sata ada 4 varian huruf depan dalan VGA Nvidia yaitu GS,GT,GTS dan GTX. Kembali kode huruf ini berperan dalam penentuan kelas dari VGA tersebut. Untuk kode GS dan GT biasanya diberikan pada VGA kelas low end. GTS digunakan untuk kelas mid end dan GTX digunakan untuk kelas high end.
- Untuk VGA Nvidia yang paling anyar yaitu generasi GTX hanya menggunakan 3 digit saja. Untuk digit pertama dan keduanya sama dengan generasi terdahulunya menunjukan generasi dan kelas dari VGA tersebut. Bedanya pada huruf depan pada generasi ini menggunakan GTX seperti GTX280, GTX275, GTX295, dll.

Nah itu gambaran sedikit buat kamu yang lagi mau beli atau penasaran dengan VGA Nvidia. Dan lagi-lagi gw menyarankan jika kamu-kamu mau membeli VGA tertentu hendaknya lebih teliti lagi aja mulai dari slot yang digunakan itu apa hingga voltase yang dibutuhkan. Karena jika itu kamu abaikan bisa2 VGA nya nanti ga kepake. Serta sering-sering buat liat review dari berbagai sumber yang terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar